Kejamnya Berumah Tangga, Huhuuhu :'(

Mowningggg..
pagi-pagi rasanya udah mau curhat sayahhh..
akhir-akhir ini gw ngerasa pernikahan or berumah tangga itu kejam sekali.. apa lagi menurut Islam yang harus melayani lahir dan batin itu.. huhuhuuhu
cerita berawal dari..
keputusan saya untuk memecat PRT di rumah,, PRT saya memang tidak menginap.. karena rumah saya yang kecil tidak ada infinite lagi buat PRT untuk menginap dan saya kurang suka saja ada PRT yang menginap.. risih gitu rasanya..
nah PRT saya ini karena pulang pergi, dan karena saya dan Reza bekerja setiap hari.. jadi dia itu hanya masuk 3-4 hari saja dalam seminggu.. itu juga kalau Reza bisa berleha-leha datang ke kantor agak siang,, jadi PRT saya pagi pagi sudah beberes dirumah, namun lama-lama si PRT ini jadi ke enakkkan sudah masuknya jarang, hari minggu pasti libur,, Ibu ini datangnya semau hati.. seminggu bisa ga dateng,, seminggu sekali atau seminggu dua kali,, dengan alasan “saya kira dirumah ga ada orang ka” helooooo kan sehari sebelumnya udah di information harus masuk atau ngga besoknyaaaa.. setidaknya dateng kek.. ketok kek zzzzz..

bukan hanya itu.. kadang kalau PRT saya datang saya suka di kamar.. ini PRT udah ikut mama saya two tahun dan setelah  menikah di kasih kesaya.. ya sudah ikut saya vi bulan,, jadi sudah percaya istilah kata.. jadi kalau dia berberes saya suka di kamar saja.. males mengobrol saya orangnya.. tapi akhir akhir ini dia jadi jarang mengepel.. kalo saya tanya, jawabnya “ini masih bersih ka lantainya,, dirumah cuma berdua jadikan ga kotor” zzzzzz yang ke dua

yang nyebelin lagi doi kalau cuci piring ga bersihhh.. ada aja yang menempel,, pas nikah semua peralatan makan hampir baru.. sendok garpu stainless #gatauspellnya harusnya agak anti karat ya.. tapi semuanya jadi berbecak kuning kaya mau karatan karena cucinya ga bersih.. hufff belum lagi bekas susu yang masih nempel,, gelas-gelas bekas teh jadi kuning..

dan Dia juga suka tuh strika baju dengan suhu sangat panas,, mengakibatkan baju-baju jadi mengkilap.. huhuhuhu sayakan beli baju kerja ga murahhhhhhh mba!!!! #kejerrrr..

Pernah disuruh Reza nyapu tangga menuju ruang cuci dan strika diatas.. ada aja jawabannya.. “dulu klo kerja sama ibu ga pernah loh pak saya disuruh-suruh nyapu tangga”

Aduh si Mba ini.. ud Sminggu cuma 3x kerja aja.. max iv hari suka mangkirrrrr.. suka ga ngepel, klo strika baju rusakkk smua,, cuci piring jorok!!! habislah kata-kata gw.. Dan akhir-akhir ini yang menyebalkan adalah dia harus di samper dulu baru dateng kerja… ya harus gitu tiap hari gw samperrr?? dan yang nyebelin gw bayar gaji dia full.

Berhub lagi hamil,, gw jarang banget marah dan takut si Mba ini berhenti juga.. tapi Murka lah gw.. gw samperlah dia..
gw tanya “Mba masih mau kerja ga? kalo ga mau kerja udah berhenti aja??!!”
mba : “masih ka, ini langsung kesana”
 
setelah ketemu mba di rumahnya, gw langsung ngider cari pembantu gw yang dulu,, nanya mba yang mau kerja.. katanya ada.. gw suruh besok kerumah bawa orangnya.. begitu juga dengan tukang jamu langganan gw,, gw tanyan pembantu PP dia bilang ada,, gw suruh juga besok kerumah,, jadi besok ada two interview. Done! setelah di rumah.. berhub udah ga bisa di torelir lagi.. gw ambil lah gajinya.. prorate.. karena baru tengah bulan. selesai kerja dia berpamitan,, biasanya tengah bulan memang dia suka pinjem uang nanti gajian tinggal di potong.. ketuk pintu kamarlah dia
mba : “ka.. udah rapih saya mau pulang”
gw : “mba.. ini uang gaji mba selama setengah bulan.. mba kerja sampe sini aja”
mba : “loh kok gitu ka? kan udah mau lebaran,, saya butuh uang”
gw : “nah mba masih mau kerja ga?? klo masih mau kerja,, ga harus ya saya samper tiap hari di hari-hari yang seharusnya mba dateng”
mba : “iya ka ga di ulangin lagi”
gw : #langsunglah gw merepet Mba saya ini lagi hamil ya.. saya itu males marah-marah tapi kok mba jadi seenaknya ya.. kemaren mba udah ga masuk seminggu!! trs kalo kerja harus saya samper terus.. saya nyamper-nyamper juga malessss mba!! mba sebulan itu masuk ga ada 10 hari.. tapi gajinya full, itu juga banyak baju ga disetrika numpuk.. mba juga kan yang susah!! klo mau kerja disini.. setiap ga masuk saya potong 15rb! mba juga nyuci piring ga bersih, ga pernah ngepel, baju saya pada rusak,, kalau mama saya dateng mba baru rajin! gimanaaaaaa si mba”
mba : “iya ka ga diulang lagi”
gw : zzzzz.. “saya mau klo mba kerja disini tuh yang bener,, masa cucian piring harus saya ulang lagi si mba??! baju kerja saya juga ga murah mbaaa.. saya belinya nabung dulu kadang-kadang.. mba principal strika panas,, klo udah licin gitu gmn mau pakenya!! ini rumah cuma sepetak aja.. mba ga pernah ngepel.. kalo masih mau kerja saya maunya yang bener.. kalau ga, udah sampe sini aja! saya mending ganti pembantu aja”
mba : “iya ka, ya udah saya pulang dulu..” #dengan gayanya mau pulang.. tiba-tiba.. “kak saya boleh pinjem uang 100rb??”
gw : #Murka “apaaaaa?? pinjem 100?? mba kerja aja jarang,, kerja aja ga beres.. 2d pinjem uang?? ga-ga ada mba.. kali ini ga saya kasih.. mba ga bisa dibaikkin orangnya”
mba : #kesel “ka, kakak juga mau cari pembantu susah.. ga ada pasti yang mau kerja,,”
gw : “eh mba sebelum saya berhentiin mba, saya udah cari-cari dapet itu dua”
mba : “emang ada?? siapa??”
gw : “buat apa mba tau”
mba : “ya udah saya berhenti sampe sini aja, sini gaji saya”
gw : “oooo baiklah.. mba keluar tutup pintu, kunci pager!”

zzzzzzz.. pembantu sarab.. ada aja jawabannya.
kasian anak eike denger hal-hal ga penting kaya gini..

#keesokkan harinya
kebetulan papa lagi principal kerumah, dan Reza bisa dateng ke kantor siangan, jadi selama gw kerja ke two lelaki ini lah yang bakalan interview two calon mba di rumah.. prinsip #gpp mahal asal beres kerjanya!

Bekas mba dirumah dulu.. kucuk-kucuk dateng..
ini mas Mba yang di minta kaka kemarin,, saya tinggal ya mas karena harus kerja
Reza “oke, makasih mba”
interview berlangsung.. Reza didampingi bokap gw, setelah di tanya-tanya oke.. gaji oke.. tapi endingnya “tapi pak saya bisa kerumahnya jam 1 siang,, karena saya pegang two rumah lagi”
Papa “wah ga bisa mba disini isinya 3org saja dan smuanya kerja.. ga bisa di tuker kepagi aja mba”
Mba “ga bisa pak ga enak,, soalnya saya udah lama kerja dirumah mereka.. tinggalin kunci aja gimana pak?”
Reza “haduh ga bisa mba klo tinggalin kunci”
intinya Mba ini corettttt

agak siangan mba jamu langganan gw juga dateng nganter pembantu, pas kucuk-kucuk kerumah si mba yang mau kerja ini bawa anak
Reza dan papa sepakat nooooo..

akhirnya udah 2-3 minggu ini gw ga punya mba..
padahal gw plan.. mau punya mba 1 nginep #buat jagain dedek bayi
1 lagi PP biar mba yang nginep ga terlalu capek..

yang berasa kejamnya rumah tangga adalah.. gw sebagai istri harus handgrip kerjaan rumah tangga..
huhuhu lagi hamil pulak,,
dan sebelum nikah gw ga pernah kerja-kerja rumah tangga.. jadi rasanya lebihhhh berat
di tambah punya suami yang masa singelnya pembantunya seabrekkk.. ga pernah susah.. tambah berat
dan adek gw yang tinggal bareng gw.. apa lagi diaaaaaaa.. ga pernah ngap-ngap..
sedangkan rumah tetep harus ada yang beresein kan?? ga mungkin berantakan? cucian piring harus tetep ada yang cuci kan??
kadang sampe nangis gwwwww..
rumah pinjeman orang tua gw,, udah kecil,, rumah jaman dulu.. ga teratur,, dan gw benci berantakan.. gw maunya langsung di kerjain.. two Man di rumah ini ga bisa bantu apa-apa selain doaaaaa

bayangin donk ya.. lo hamil vi bulan,, badan lo udah gemuk.. lo harus cuci piring,, sabtu sebelum puasa bangun tidur cuci piring, abis bikin sarapan cuci piring, abis sarapan cuci piring, abis masak makan siang cuci piring, makan siang cuci piring, makan malam cuci piring.. kokkkk hidup gw cuci piring muluuuuu si.. apa lagi bulan puasa gini.. lebih banyak cuciannya.. pas berbuka pas saur,, #capek banget,,, pengen nangis..
belum nyapu.. ngepel.. kemaren-kemaren gw strika.. #untung sekarang udah ke laundry
ya Allah.. kaget sekali rasanya
memang si kalau di kerjain sendiri bukan pembantu itu beda,, semuanya lebih bersih..

gw ga bisa berharap apa-apa sama adek gw ini.. yang ada berantem,, belum lagi nyokp gw yang slalu belain adek gw.. jadi kehadiran adek gw di rumah anggep aja ga ada..
Reza sesekali bantuin masukkin baju ke mesin cuci summation jemur,, sekali-sekali bantuin cuci piring..
tp ada kalanya Reza bilang,, aku pulang kerja capek,, dan gw bales.. yang kerja kamu aja?? aku juga kerja.. sama-sama capek.. aku hamil.. masa aku harus sendiri siiiiii beberes rumahnya #nangissss baru dibantuin.. kadang gw juga capek harus nangis dulu baru dibantuin..
kadang gw ga enak badan,, sakit, demam, meriang, pusing,, Reza cuma bilang,, jangan capek-capek sayang.. #tapi tetep ga dibantuin or aku juga sakit.. akhirnya sakit-sakit gw kerjain kerjaan PRT itu
ga siap gw jadi Ibu-Ibu gini.. capek..
gw ngerasa nelongsooooo banget
lagi hamil pulak
suami ga membantu pulak
#kejam banget si kehidupan berumah tangga itu..
badan capeknya ga ketolongan
harus kerja di rumah.. kerja di kantor

sekian lah kemeranaan hidup gw saat ini
xoxo
Sasha


Sumber https://sasha-wiryoatmodjo.blogspot.com